KELOMPOK SOSIAL

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang

Kelompok sosial merupakan kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat.Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya.

Berkumpul merupakan salah satu kebutuhan manusia modern sebagai realitas kehidupan sosial manusia. Sebagai mahluk sosial, manusia akan selalu hidup dalam kelompok tertentu.Hal ini karena manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa interaksi dengan orang lain. Dengan adanya hubungan timbal balik dalam suatu kelompok masyarkat maka manusia akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

1.2. Tujuan

Pembuatan makalah ini bertujuan untuk:

v Tujuan umum

  1. Untuk mengetahui contoh- contoh kelompok sosial yang ada di daerah tempat tinggal.

2. Untuk mengetahui identifikasi kelompok- kelompok sosial dengan macam- macam kelompok sosial.

  1. Untuk mengetahui kegiatan yang manfaat kelompok sosial yang ada di daerah tempat tinggal.
  2. Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan kelompok sosial tersebut.

v Tujuan khusus

  1. Untuk menambah wawasan bagi para pembaca mengenai kelompok sosial.
  2. Dengan adanya laporan ini diharapkan menjadi tolak ukur bagi kita, bagaimana bersikap dalam suatu kelompok sosial.

BAB 2

ISI

    Manusia pada umumnya dilahirkan seorang diri, akan tetapi dia adalah makhluk yang telah mempunyai naluri untuk hidup dengan manusia lain. Kelompok-kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama. Hubungan tersebut antara lain menyakut kaitan timbal-balik yang mempengaruhi dan suatu kesadaran untuk saling tolong menolong Kelompok sosial mempunyai beberapa syarat antara lain:

1.      Setiap anggota kelompok harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan.

2.      Ada hubungan timbal-balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya.

3.      Terdapat suatu faktor yang dimiliki bersama oleh anggota kelompok itu, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat. faktor tadi dapat merupakan nasib, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideology politik yang sama dan lain-lain.

4.      Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola perilaku.

5.      Besistem dan berproses.

2.1.     PENDEKATAN SOSIOLOGIS TERHADAP KELOMPOK-KELOMPOK SOSIAL

Seorang sosiolog di dalam menelaah masyarakat manusia akan banyak berhubungan dengan kelompok sosial, baik yang kecil seperti kelompok keluarga, ataupun kelompok besar seperti masyarakat desa, masyarakat kota, bangsa dan lain. hampir semua manusia merupakan kelompok sosial yang dinamakan keluarga. Walaupun anggotanya menyebar, tapi pada waktu tertentu mereka pasti akan berkumpul. Bila mereka berkumpul, terjadilah tukar-menukar pengalaman di antara mereka. Pada saat demikian, terjadi bukanlah pertukaran pengalaman semata, akan tetapi para anggota keluarga tersebut mungkin telah mengalami perubahan-perubahan, walaupun sama sekali tidak disadari. Saling tukar menukar pengalaman mempunyai peranan besar di dalam pembentukan kepribadian orang-orang yang bersangkutan.Manusia merupakan makhluk yang tediri dari jasmaniah dan rohaniah.Manusia mempunyai naluri untuk senantiasa berhubungan dengan sesamanya. Manusia mempunyai pola berpikir yang akan mempengaruhi sikapnya.

2.2 Macam- macam kelompok sosial yang telah kami identifikasi:

  1. In Group dan Out Group
  2. Primary Group dan Secondary Group
  3. Paguyuban dan Patembayan
  4. Membership Group dan Reference Group
  5. Formal Group dan Informal Group
  6. Kelompok Okupasional dan Kelompok Volunteer

2.3. Identifikasi Kelompok Sosial Menurut Lingkungan Sekitar Tempat Tinggal

Kami kelompok 7 melakukan pengamatan disekitar lingkungan tempat tinggal kami, yaitu Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Pengamatan yang kami lakukan terkait keberadaan kelompok- kelompok sosial dan kegiaatan- kegiatan yang biasa dilakukan.seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manusia tidak akan bisa lepas dari keberadaan kelompok sosial disekelilingnnya. berikut merupakan hasil pengamatan kelompok kami:

  1. 1.      Jenis Kelompok Sosial In Group

In Group merupakan suatu perasaan perikatan antara satu orang dengan orang lain dalam suatu kelompok sosial tertentu. Perasaan tersebut sangat kuat sehingga membentuk suatu perilaku – perilaku sosial tertentu seperti : Solidaritas, kesediaan berkorban, kerja sama, konformitas, obediance.

Di lingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok In Group, contohnya “kami”, dimana salah satu diantara kami  sebagai bagian dari anggota Sekaa Teruna Teruni yang bernama “STT Putra Sesana”. Karena kita merasa sebagai anggota STT, maka kita akan mengidentifikasikan diri kita untuk terjun langsung ke kegiatan STT tanpa ada rasa paksaan.

  1. 2.      Jenis Kelompok Sosial Out Group

 

Out Group atau Out-side feeling, seseorang merasa bukan bagian dari kehidupan kelompok. Out-group feeling selalu ditandai munculnya perilaku antogonistik dan antipati.Sehingga muncul gejala prejudiace, paranoid, etnocentristic, non koperatif, lalai, dan sebagainya.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Out Group contohnya adalah “mereka” yang tidak termasuk anggota STT, sehingga “mereka” tidak perlu melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan STT. Contohnya: di Desa Bakas terdapat tempat rafting, dimana ada beberapa pekerjanya yang tergolong muda yang berasal dari luar Desa Bakas, pekerja ini tinggal di desa Bakas untuk sementara (mengekost). Pekerja tersebut tidak diwajibkan masuk ke dalam anggota STT dan juga tidak mengikuti kegiatan yang ada hubungannya dengan STT.

  1. 3.      Jenis Kelompok Sosial Primary Group

 

Kelompok sosial yang paling sederhana, dimana anggotanya saling mengenal, dimana ada kerja sama yang erat.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Primary Group, contohnya adanya kelompok Subak di Desa Bakas yang anggotanya merupakan masyarakat setempat, dimana kelompok tersebut saling bekerja sama untuk meningkatkan pertanian di Desa Bakas itu sendiri.

  1. 4.      Jenis Kelompok Sosial Secondary Group

Kelompok yang terdiri dari banyak orang, antara siapa hubungannya tidak perlu berdasarkan pengenalan secara pribadi dan sifatnya juga tidak begitu erat.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Secondary Group, contohnya hubungan dari adanya Bakas Levi Rafting dengan masyarakat setempat. Dimana terjadi interaksi disaat adanya pembanguna tempat rafting, masyarakat memberikan izin dan setelah mendapat izin, pembangunan dan berjalannya kegiatan rafting merupakan tanggung jawab pihak rafting.

  1. 5.      Jenis Kelompok Sosial Paguyuban

Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama di mana anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bersifat kekal. Dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa kesatuan batin yang memang telah dikodratkan, ini bisa dijumpai di dalam keluarga, kelompok kekerabat, rukun tetangga dan lain sebagainya.

Ciri pokok dari paguyuban adalah:

(1) Intimate ;hubungan menyeluruh yang mesra.

(2) Private ; hubungan bersifat pribadi untuk beberapa orang saja.

(3) Exclusive ; hubungn tersebut hanyalah untuk “kita” saja dan tidak untuk orang lain di luar “kita”.

  • Tipe paguyuban ada 3, yaitu :

1)      Gemeinschaft by blood merupakan gemeinschaft yang berupa ikatan yang didasarkan pada ikatan darah atau keturunan. Contohnya adanya beberapa kawitan di Desa Bakas yang membagi masyarakatnya berdasarkan kasta masing-masing dan garis keturunananya.

2)      Gemeinschaft of place merupakan gemeinschaft yang terdiri atas orang-orang yang berdekatan tempat tinggalnya sehingga dapat saling tolong-menolong. Contohnya di Desa Bakas memiliki beberapa banjar yang dipimpin oleh Kelian Dinas  seperti Banjar Delod Bakas, Banjar Bakas Kawan.  Selain itu seperti tetangga di sekitar rumah dalam satu banjar.

3)      Gemeinschaft of mind merupakan gemeinschaft yang terdiri atas orang-orang yang walaupun tidak memiliki hubungan darah ataupun tempat tinggalnya berdekatan, tetapi mereka memiliki jiwa dan pikiran yang sama karena ideologi yang dianut sama. Contohnya adanya kelompok pergerakan mahasiswa dalam upaya meingkatkan pertanian di Desa Bakas dan adanya didirikan sebuah tempat perkumpulan suatu partai politik.

  1. 6.      Jenis Kelompok Sosial Patembayan

 

Patembayan merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek, bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka serta strukturnya bersifat mekanis, biasanya terdapat di dalam hubungan perjanjian yang berdasarkan ikatan timbal-balik seperti ikatan pedagang, organisasi yang luas atau industry.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Primary Group, contohnya interaksi antara anggota Subak Desa Bakas dengan pengepul sapi di Pasar Bringkit. Memiliki satu agenda yaitu menjual sapi yang di dapat dari petani Bakas dan menjual sapi-sapi tersebut ke pasar Bringkit .

  1. 7.  Jenis Kelompok Sosial Formal Group

Formal group adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antara sesamanya.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Formal Group, contohnya di Bakas memiliki awig-awig yang tegas terhadap masyarakatnya seperti adanya pengenaan Dosa, yaitu pembayaran denda jika tidak bisa mengikuti kegiatan di Desa. Selain itu juga terdapat satu Sekolah Dasar No.2 Bakas yang terletak di Banjar Bakas Kawan, dengan peraturan yang mengikat semua warga sekolah.

  1. 8.  Jenis Kelompok Sosial Informal Group

Informal Group adalah kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti terbentuk karena pertemuan yang berulang-ulang sehingga terjadi pertemuan kepentingan pengalaman.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Informal Group contohnya, Seka Teruni teruni yang bernama “STT Putra Sesana” yang sering mengadakan pertemuan setiap bulannya untuk kepentingan – kepentingan yang sifatnya untuk kemajuan di Banjar Bakas Kawan, Desa Bakas.

  1. 9.   Jenis Kelompok Sosial Membership Group

Membership group merupakan suatu kelompok di mana setiap orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Membership Group contohnya, seorang anggota politik  di desa Bakasyang kebetulan menjadi anggota DPR. Lembaga DPR inilah membership untuk individu tersebut.

  1. 10.   Jenis Kelompok Sosial Reference Group

Reference group adalah kelompok sosial yang menjadi acuan  bagi seseorang untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok Reference Group contohnya, anggota DPR tadi memiliki tempat yaitu di DPR sebagai lembaga tetapi jiwa dan jalan pikirannya tetap terikat pada reference groupnya yaitu partainya.

  1. 11.  Jenis Kelompok Sosial Okupasional

 

Kelompok okupasional merupakan kelompok yang terdiri dari orang-orang yang melakukan pekerjaan sejenis, misalnya muncul kelompok seprofesi.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok sosial okupasional contohnya, yaitu adanya kelompok Subak, yang bernama kelompok Subak Delod Bakas. Kelompok ini merupakan kelompok yang terdiri dari petani-petani Desa Bakas, yang melakukan kegiatan- kegiatan pertanian.

  1. 12.  Jenis Kelompok Sosial Kelompok Volunter

Kelompok volonter merupakan mencakup orang-orang yang mempunyai kepentingan sama, namun tidak mendapatkan perhatian masyarakat yang semakin luas daya jangkauannya tadi. Dengan demikian, maka kelompok volonter akan dapat memenuhi kepentingan anggotanya secara individu, tanpa mengganggu kepentingan masyarakat secara umum. Kelompok volonter itu mungkin dilandaskan pada kepentingan primer mencakup kebutuhan akan sandang, pangan dan papan, kebutuhan akan keselamatan jiwa dan harta benda, kebutuhan akan harga diri, kebutuhan untuk dapat mengembangkan potensi diri, dan kebutuhan akan kasih sayang. Kebutuhan sekunder misalnya adalah kebutuhan akan rekreasi.

Dilingkungan tempat tinggal kami, kelompok yang diidentifikasikan ke dalam kelompok sosial Volunter contohnya adanya seorang masyarakat Desa Bakas yang mendirikan panti asuhan yang bernama Panti Asuhan Dharma Jati II, Klungkung. Panti asuhan ini menampung anak-anak yang tidak memiliki orang tua, dan juga anak-anak Desa Bakas juga sering mendapat bantuan sandang dan pangan, hal ini karena banyak warga desa Bakas yang berpenghasilan kurang.

BAB III

ANALISIS

         Dari pengamatan kami dilingkungan sekitar tempat tinggal kami, kami menemukan bahwa ada banyak kelompok sosial yang tersebar. Berikut adalah hasil analisisnya

No

DAERAH YANG TERKAIT

JENIS KELOMPOK SOSIAL

CONTOH

1.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

IN GROUP

Contohnya “kami”, dimana salah satu diantara kami sebagai bagian dari anggota Sekaa Teruna Teruni yang bernama “STT Putra Sesana”. Karena kita merasa sebagai anggota STT, maka kita akan mengidentifikasikan diri kita untuk terjun langsung ke kegiatan STT tanpa ada rasa paksaan.

2.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

OUT GROUP

Contohnya adalah “mereka” yang tidak termasuk anggota STT, sehingga “mereka” tidak perlu melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan STT. Contohnya: di Desa Bakas terdapat tempat rafting, dimana ada beberapa pekerjanya yang tergolong muda yang berasal dari luar Desa Bakas, pekerja ini tinggal di desa Bakas untuk sementara (mengekost). Pekerja tersebut tidak diwajibkan masuk ke dalam anggota STT dan juga tidak mengikuti kegiatan yang ada hubungannya dengan STT.

3.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

PRIMARY GROUP

Contohnya adanya kelompok Subak di Desa Bakas yang anggotanya merupakan masyarakat setempat, dimana kelompok tersebut saling bekerja sama untuk meningkatkan pertanian di Desa Bakas itu sendiri.

4.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

SECONDARY GROUP

Contohnya hubungan dari adanya Bakas Levi Rafting dengan masyarakat setempat. Dimana terjadi interaksi disaat adanya pembanguna tempat rafting, masyarakat memberikan izin dan setelah mendapat izin,

5.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

PAGUYUBAN

Contohnya pada beberapa tipe paguyuban yang terdiri dari 3 tipe yaitu :

1). Gemeinschaft by blood merupakan gemeinschaft yang berupa ikatan yang didasarkan pada ikatan darah atau keturunan. Contohnya adanya beberapa kawitan di Desa Bakas yang membagi masyarakatnya berdasarkan kasta masing-masing dan garis keturunananya.

2).Gemeinschaft of place merupakan gemeinschaft yang terdiri atas orang-orang yang berdekatan tempat tinggalnya sehingga dapat saling tolong-menolong. Contohnya di Desa Bakas memiliki beberapa banjar yang dipimpin oleh Kelian Dinas  seperti Banjar Delod Bakas, Banjar Bakas Kawan.  Selain itu seperti tetangga di sekitar rumah dalam satu banjar.

3).Gemeinschaft of mind merupakan gemeinschaft yang terdiri atas orang-orang yang walaupun tidak memiliki hubungan darah ataupun tempat tinggalnya berdekatan, tetapi mereka memiliki jiwa dan pikiran yang sama karena ideologi yang dianut sama. Contohnya adanya kelompok pergerakan mahasiswa dalam upaya meingkatkan pertanian di Desa Bakas dan adanya didirikan sebuah tempat perkumpulan suatu partai politik.

6.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

PATEMBAYAN

Contohnya interaksi antara anggota Subak Desa Bakas dengan pengepul sapi di Pasar Bringkit. Memiliki satu agenda yaitu menjual sapi yang di dapat dari petani Bakas dan menjual sapi-sapi tersebut ke pasar Bringkit

7.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

FORMAL GROUP

Contohnya di Bakas memiliki awig-awig yang tegas terhadap masyarakatnya seperti adanya pengenaan Dosa, yaitu pembayaran denda jika tidak bisa mengikuti kegiatan di Desa. Selain itu juga terdapat satu Sekolah Dasar No.2 Bakas yang terletak di Banjar Bakas Kawan, dengan peraturan yang mengikat semua warga sekolah.

8.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

INFORMAL GROUP

Contohnya, Seka Teruni teruni yang bernama “STT Putra Sesana” yang sering mengadakan pertemuan setiap bulannya untuk kepentingan – kepentingan yang sifatnya untuk kemajuan di Banjar Bakas Kawan, Desa Bakas

9.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

MEMBEERSHIP GROUP

Contohnya, seorang anggota politik  di desa Bakasyang kebetulan menjadi anggota DPR. Lembaga DPR inilah membership untuk individu tersebut.

10.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

REFERENCE GROUP

Contohnya, anggota DPR tadi memiliki tempat yaitu di DPR sebagai lembaga tetapi jiwa dan jalan pikirannya tetap terikat pada reference groupnya yaitu partainya.

11.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

KELOMPOK OKUPASIONAL

Contohnya, yaitu adanya kelompok Subak, yang bernama kelompok Subak Delod Bakas. Kelompok ini merupakan kelompok yang terdiri dari petani-petani Desa Bakas, yang melakukan kegiatan- kegiatan pertanian.

12.

Desa Bakas, Kabupaten Klungkung

KELOMPOK VOLUNTER

Contohnya adanya seorang masyaraka

Desa Bakas yang mendirikan panti asuhan

yang bernama Panti Asuhan Dharma Jati II,

Klungkung. Panti asuhan ini menampung

anak-anak yang tidak memiliki orang tua,

dan juga anak-anak Desa Bakas juga sering

mendapat bantuan sandang dan pangan, hal

ini karena banyak warga desa Bakas yang

berpenghasilan kurang.

BAB 4

PENUTUP

4.1. Kesimpulan

Dari pengamatan  yang kami lakukan bahwa di setiap daerah memiliki berbagai macam kelompok sosial yang memiliki kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda pula. Kelompok sosial tersebut dapat membantu kita sebagai manusia untuk dapat saling berinteraksi sesuai kebutuhan kita masing-masing. Namun kegiatan yang negatif, contohnya banjar

Dapat kami juga bahwa sebenarnya masyarakat Hindu Bali telah lebih dulu mengenal kelompok sosial seperti banjar, jauh sebelum adanya pengidenfikasian jenis dan macam kelompok sosial. Kelompok sosial juga digunakan untuk penggalangan dana untuk membangun sesuatu seperti pura.

Perkembangan kelompok sosial di masyarakat modern dan perkotaan cenderung disengaja sehingga terjadi perkembangan yang sangat cepat dan signifikan. Namun, masih banyak juga jenis kelompok  sosial yang berkembang secara alami yakni banjar dan subak. Ini dikarenakan kentalnya nuansa adat yang mebuat mereka tidak dapat mengubah selurh kebiasaannya secara total.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s